Input Device
Secara umum Input device adalah perangkat masukan pada personal komputer yang berfungsi untuk memasukan perintah dari pengguna komputer baik berupa perintah teks, gambar, maupun suara yang nantinya akan di oleh kembali oleh perangkat processing untuk di tampilkan oleh perangkat penampil, atau output device.
Output device terdiri dari berbagai macam perangkat, dan sebagian besar pastinya sudah sangat familiar dengan anda. Karena input device merupakan perangkat inti dari komputer. Berikut di bawah ini pengertian input device dan contohnya.
Contoh Input Device:
Keyboard
Siapa yang tidak tahu tentang perangkat komputer yang satu ini, Keyboard adalah sebuah perangkat input yang bersifat primer bagi setiap komputer, artinya setiap pengguna komputer pasti membutuhkan yang nmanaya keyboard untuk mengoperasikan komputernya, berbeda dengan mouse yang juga sama-sama perangkat input, karena tanpa mouse sebuah komputer masih bisa di operasikan, tapi jika tanpa adanya keyboard komputer akan sulit untuk di operasikan.
Karena fungsi dari keyboard sangatlah penting, karena bisa berjalan dan di operasikan pada program aplikasi DOS dan GUI, sedangkan keyboard hanya bisa berjalan pada program apliaksi GUI. Dengan menggunakan keyboard pada program aplikasi DOS, kita sebagai penggunakan komputer dapat memberikan perintah-perintah pada komputer dengan menggunakan perintah teks untuk menjalankan suatu fungsi pada komputer, sehingga akan menampilkan hasil proses yang berbeda-beda.
Keyboard terdiri dari berbagai jenis, terutama jenis dalam penyusunan urutan tombol yang di susun, namun yang paling terkenal dan banyak di gunakan oleh pengguna komputer adalah jenis urutan QWERTY, selain itu jenis ukuran dan bentuk keyboard juga berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan penggunanya, seperti untuk pengguna berkebutuhan untuk multimedia akan berbeda dengan keyboard untuk pengguna yang bekerja sebagai programmer, perbedaan ini mencakup penambahan tombol, dan bentuk keyboard secara fisik.
Mouse
Setelah membahas tentang keyboard dalam komputer pasti tidak akan lepas dengan yang namanya mouse, karena sepasang perangkat ini sangat di butuhkan oleh pengguna komputer dalam mengoperasikan perangkatnya. Mouse adalah sebuah perangkat masukan pada komputer untuk menjalankan pointer yang tampil di layar guna untuk mewakili tangan pengguna dalam menjalankan fungsi-fungsi yang terdapat pada komputer.
Mouse hanya bisa digunakan untuk komputer yang menggunakan Grafik User Interface atau tampilan gambar untuk memudahkan pengguna, artinya adalah mouse tidak bisa di gunakan pada komputer yang menggunakan sistem atau program aplikasi yang berbasis DOS, biasanya DOS di gunakan oleh para expert komputer untuk menjalankan berbagai macam aplikasi berat seperti sistem server dan program aplikasi server yang secara teknis tidak membutuhkan GUI dan perangkat mouse.
Secara umum kita mengenal ada dua jenis macam mouse dalam tampilan fisiknya, yang pertama adalah mouse jenis track ball, kita bisa mengetahui mouse jenis ini jika kita melihat pada bagian bawah mouse, apabila ada sebuah bola yang mengedalikan pointer pada layar, maka itu adalah jenis mouse track ball. Satunya lagi adalah mouse jenis Optik, dimana untuk mengendalikan pointer yang ada di layar, mouse memanfaatkan pantulan sinar optik untuk mendeteksi gerakan tangan.
Joystick
Joystick adalah salah satu perangkat masukan yang memiliki fungsi sama seperti perangkat masukan yang lain, yaitu untuk menjalankan berbagai macam fungsi untuk mengendalikan komputer. Namun perangkat ini di khususkan untuk pengguna komputer yang memanfaatkan perangkatnya untuk bermain game, jadi untuk kebutuhkan selain game, anda tentu tidak bisa menggunakan perangkat ini, karena algoritma yang sudah tertanam pada perangkat joystick dan pada sistem komputer memang hanya bisa untuk program aplikasi game saja.
Terdapat berbagai macam jenis joystick yang berbeda berdasarkan bentuknya, hal ini karena kebutuhan game pada yang juga berbeda. namun bentuk joystick yang paling populer di gunakan oleh pengguna komputer saat ini adalah bentuk joystick seperti yang sering kita lihat untuk bermain playstation. Karena memang fungsi dan tombol yang tersedia cukup lengkap, selain itu pengambang game juga selalu mensupport jenis joystick yang satu ini.
Selain itu ada juga bentuk joystick seperti persneling mobil, biasanya joystick seperti ini di gunakan untuk jenis game yang mengangkan tema seperti balapan mobil, mengendalikan pesawat dan lain sebagainya. Joystick sering di gunakan oleh instansi pemerintah seperti sekolah dinas dan kepolisian untuk menjalankan sistem kendali pelatihan virtual dalam menjalankan seperti pesawat, kendaraan bermobil, dan pelatihan menjadi masinis kereta api.
Selain ketiga perangkat masukan yang telah di jelaskan di atas, sesungguhnya masih banyak lagi perangkat masukan yang sering kita gunakan sehari-hari ketika menjalankan perangkat komputer, seperti alat scanner yang berfungsi untuk mengambil gambar pada kertas, microfon yang berfungsi untuk memasukan data berupa suara untuk di olah kembali oleh perangkat komputer, yang nantinya bisa kita lihat pada perangkat keluaran atau yang populer dengan sebutan output device.
Semoga dengan adanya artikel yang membahas tentang input device ini, anda menjadi bisa mengetahui apa yang di maksud dengan pengertian input device dan contohnya. Sehingga anda bisa membedakan berbagai macam jenis perangkat komputer yang ada berdasarkan jenisnya.
Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
- Aritcmatics Logical Unit (ALU)
- Control Unit (CU)
- Memory Unit (MU)
Fungsi utama Processor (CPU) adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Dalam Processor juga terdapat:
- Chipset >> Chip merupakan sekumpulan IC yang memiliki fungsi tersendiri pada papan atau motherboard komputer
- Soket >> Soket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.
contoh soket yang menggunakan arsitektur ini adalah:- Soket 5 yang memiliki 296 pin CPGA (Ceramic Pin Grid Array). Soket ini digunakan untuk prosesor AMD K5 SSA5
- Soket A yang memiliki 462 Pin CPGA. Soket ini biasanya digunakan oleh prosesor AMD K7 Thunderbird (Athlon Thunderbird). Sebenarnya prosesornya sendiri memiliki 462 pin, 9 pin diantaranya tertutup (tidak ada), sehingga secara nyata hanya memiliki 453 pin. Inilah kekhususan dan tipe soket A (462 Pin CPGA).
- Soket A (EV6) yang memiliki 462 pin OPGA (Organic Pin Grid Array). Contoh prosesor AMD yang menggunakan soket ini adalah Athlon XP.
- Speed Clock speed processor adalah kecepatan processor dalam melakuan proses data atau eksekusi perintah yang bisa diselesaikan dalam waktu satu detik. Misalnya, Intel Pentium IV 1,6 Ghz, berarti processor mempunyai kecepatan untuk eksekusi perintah sebesar 1600 juta dalam satu detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat processor tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Nilai pada clock speed pada processor diperoleh dari hasil perkalian antara FSB dan multiplier yang ada pada motherboard. Contohnya, komputer Pentium IV 2,66 Ghz (2660 Mhz) dengan FSB atau PC 133 Mhz dan nilai multiplier yang digunakan sebesar 20x, sistem perkalian yang digunakan adalah clock speed (2660 Mhz) = FSB (133 Mhz) x multiplier (20).
Contoh Processor :
- CPU
Control Unit adalah bagian dari CPU yang mengerjakan hal – hal sebagai berikut :- Mengontrol bekerjanya peralatan lain
- Menjemput data yang akan diproses
- Mengatur data hasil prosesan atau ilahan
- ALU
ALU ( Arithmatic Logic Unit ) adalah bagian dari CPU yang berfungsi hal – hal sebagai berikut :- Mengolah data secara sistematis
- Membandingkan data
- Mengelompokkan data yang diproses
- Memori ( Internal Memory
Memori merupakan suatu istilah yang sangat umum dari suatu media yang lain yang dipakai untuk menyimpan sesuatu data ataupun informasi. - Berdasarkan letaknya memoro dibagi menjadi dua bagian :
- Internal Memory Device
yaitu memori tempat data atau informasi yang akan segera dipakai oleh CPU untuk diproses.
Contoh :- RAM merupakan suatu memori yang digunakan untuk penyimpanan data sementara dan pada memori ini dapat diisi, ditulis ataupun dibaca. Sifat utamanya VOLATIL ( isi dapat hilang karena aliran listrik).
- ROM merupakan suatu memori yang digunakan untuk penyimpana data secara permanen. ROM ini tidak dapat diisi dengan data lain selain modul program yang diisi pada waktu pembuatan oleh pabrik. Sifat utamanya adalah NON VOLATIL.
- External Memory Device
yaitu memori tempat penyimpanan data yang tidak segera dipakai oleh CPU untuk diproses.
Contoh : – Pemakaian media disk drive atau tape disk
Memory/RAM
RAM adalah Random access memory (RAM) adalah penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang diakses oleh CPU. RAM adalah memori volatile, yang berarti bahwa isinya akan terhapus saat komputer dimatikan. Semakin banyak RAM di komputer, semakin banyak komputer memiliki kapasitas untuk menampung dan memproses program dan file yang besar, serta meningkatkan kinerja sistem.
Beberapa tipe dari RAM adalah :
1. DRAM : Dynamic RAM merupakan memory chip yang digunakan pada memory utama komputer. DRAM memiliki karakter harus terus-menerus direfresh dengan pulsa listrik untuk mempertahankan data yang disimpan dalam chip.
2. SRAM : Static RAM merupakan chip yang digunakan sebagai memori cache. SRAM jauh lebih cepat daripada DRAM dan tidak perlu sering-refresh.
3. FPM Memory : Fast Page Mode DRAM merupakan memory sedikit lebih cepat daripada DRAM konvensional. Sementara DRAM standar mengharuskan baris dan kolom yang akan dikirim untuk setiap akses, FPM bekerja dengan mengirimkan alamat baris hanya sekali bagi banyak akses ke memori di lokasi dekat satu sama lain, meningkatkan waktu akses. FPM memori sendiri adalah versi perbaikan dari pendahulunya, yang sudah sangat jarang digunakan saat ini.
3. FPM Memory : Fast Page Mode DRAM merupakan memory sedikit lebih cepat daripada DRAM konvensional. Sementara DRAM standar mengharuskan baris dan kolom yang akan dikirim untuk setiap akses, FPM bekerja dengan mengirimkan alamat baris hanya sekali bagi banyak akses ke memori di lokasi dekat satu sama lain, meningkatkan waktu akses. FPM memori sendiri adalah versi perbaikan dari pendahulunya, yang sudah sangat jarang digunakan saat ini.
4.EDO Memory : Extended Data Out RAM ini merupakan Jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memori ini banyak menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page Memory) RAM.
5. SDRAM : Synchronous DRAM adalah DRAM yang mampu beroperasi secara sinkronisasi dengan bus memori. Modul memory dengan clock speed yang lebih tingi daripada SIMM atau EDO. Biasa dipergunakan pada processor-processor generasi terbaru. Modul ini biasa dijual dengan spesifikasi bus clock tertentu, misalnya 32MB/133Mhz, artinya SDRAM dg kapasitas sebesar 32MB yg bekerja pd clock 133Mhz. Bus clock yang tinggi digunakan apabila SDRAM dipasang pada PC dengan processor generasi baru yang bekerja juga pada clock yang tinggi, namun tidak berpengaruh pada mesin dengan processor generasi lama dengan clock yang rendah. SDRAM dikemas dalam modul 172 pin.
6. DDR : Double Data Rate RAM adalah memori yang dapat mentransfer data dua kali lebih cepat dibandingkan SDRAM. DDR mampu meningkatkan performa dengan mentransfer data dua kali per siklus.
7. DDR2 : Double Data rate 2 is a faster than DDR Memory. DDR2 improves performance over DDR by decreasing noise and crosstalk between the signal wires.
8. RDRAM : RAMBus DRAM adalah chip memori yang dikembangkan untuk berkomunikasi pada tingkat yang sangat tinggi kecepatan. Chip RDRAM tidak umum digunakan.
Output Device
Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa
prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
MONITOR
Layar monitor juga disebut computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah peralatan yang berfungsi menampilkan gambar-gambar yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh komputer tanpa merekamnya.
Layar monitor saat ini lazimnya ditampilkan dalam dua buah bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti monitor TFT LCD.
Nama monitor CRT berasal dari nama tabung yang terdapat di monitor. Bagian belakang tabung tersebut memiliki katoda yang dimuati muatan negatif. Penembak elektron mengeluarkan elektron ke bawah tabung kelayar yang bermuatan listrik yang akan memendarkan cahaya jika dikenai elektron.Tiap kluster di layar memiliki tiga warna, tiap satu warna disebut satu piksel.
Gambar di layar monitor biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai dengan perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Jarak antar piksel yang terdapat di monitor disebut dot pitch, satuannya adalah milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang.
Adapun monitor LCD adalah monitor yang tipis, dan ter-susun dari beberapa piksel warna atau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor.
LCD sangat terkenal karena hemat energi dan sedikit memakan tempat. Karena kehematannya, LCD bisa digunakan hanya dengan sumber daya baterai.
hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.
Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
PRINTER
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray.
Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
SPEAKER
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang lebih.
PLOTTER
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar